Hati, dengan berat rata-rata mencapai 1,4 kilogram, merupakan salah satu organ terbesar di tubuh Anda. Tugasnya tergolong berat dan cukup banyak. Agar tetap dapat bekerja dengan sempurna, Anda perlu selalu menjaga kesehatan hati.

Bersama dengan vitamin K, oragn yang satu ini bertanggungjawab untuk membekukan perdarahan. Selain itu hati juga berfungsi untuk mendaur ulang sel darah merah yang sudah tua dan rusak.

(@,31 Mei 2017, 10:16 WIB)

MAKANAN  PENAWAR  HATI

   
   
 

Hal penting lainnya yang dilakukan hati adalah perannya dalam sistem metabolisme. Organ ini bertugas memroses lemak yang Anda konsumsi dari makanan dan mengubahnya menjadi energi. Asam empedu yang turut bekerja dalam mencerna lemak pun dihasilkan oleh hati.

Tapi tak hanya itu, hati juga bertugas untuk mencerna karbohidrat dan memecahnya menjadi energi bagi tubuh. Selanjutnya kelebihan karbohidrat akan disimpan oleh hati dalam bentuk glikogen.

Apabila tubuh memerlukan energi tambahan, hati akan memecah glikogen tersebut dan mengubahnya menjadi energi. Hal ini sangat penting, khususnya ketika Anda sedang berpuasa.

Selain itu, hati juga menyimpan cadangan vitamin dan mineral, terutama zat besi dan tembaga. Fungsi lain dari hati yang juga tak kalah penting adalah sebagai alat detoks terhadap racun atau obat yang masuk ke dalam tubuh. Hati mengeluarkan racun dalam bentuk amonia.

Jagalah hati!

Peran hati memang tak boleh dianggap remeh. Karena itu sangat penting bagi Anda untuk menjaganya supaya tetap sehat. Caranya bagaimana? Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan berikut ini:

  1. Temulawak

    Temulawak atau disebut juga dengan kurkuma merupakan tanaman obat tradisional yang ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati. Temulawak yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan dan antikanker ini telah terbukti dapat melindungi hati dari kerusakan baik akut maupun kronis.

  2. Anggur

    Anggur mengandung zat resveratrol, yang merupakan antioksidan kuat dan antikanker. Diserap dengan baik melalui oral –yaitu sebesar 75%– resveratrol dapat melindungi hati dari kerusakan lebih lanjut. Selain pada anggur, resveratrol juga bisa didapati pada kacang dan buah beri.

  3. Kopi

    Siapa sangka kopi, minuman favorit sejuta umat ini ternyata bermanfaat bagi kesehatan hati? Kopi mengandung antioksidan dan terbukti dapat menurunkan risiko sirosis (pengerasan hati). Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi 1 hingga 4 cangkir kopi dalam sehari.

  4. Apel

    “Sebutir apel sehari akan menjauhkan Anda dari dokter.” Pernah mendengarnya? Pepatah ini ternyata benar adanya.
    Apel mengandung zat quercetin yang berfungsi sebagai antioksidan kuat, antikanker, antibakteri, dan antiradang. Selain pada apel, quercetin juga dapat ditemukan pada bawang.

  5. Tomat

    Buah merah favorit ini ternyata bermanfaat bagi kesehatan hati Anda. Mengandung zat naringenin yang merupakan antiradang, antioksidan, dan antihipertensi, tomat layak untuk Anda konsumsi untuk kesehatan hati.

Sebagai salah satu organ tubuh yang sangat penting, jangan sampai Anda mengabaikan kesehatan hati.  Untuk itu, Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan makanan yang baik untuk hati.

@klikdokter.com

Iklan