Rayap adalah serangga sosial anggota infraordo Isoptera, bagian dari ordo Blattodea (kecoa) yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Rayap masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial. Dalam bahasa Inggris, rayap disebut juga “semut putih” (white ant) karena kemiripan perilakunya.
Sebutan rayap sebetulnya mengacu pada hewannya secara umum, padahal terdapat beberapa bentuk berbeda yang dikenal, sebagaimana pada koloni semut atau lebah sosial. Dalam koloni, rayap tidak memiliki sayap. Namun, beberapa rayap dapat mencapai bentuk bersayap yang akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan (sehingga seringkali menjadi pertanda perubahan ke musim penghujan) di petang hari dan beterbangan mendekati cahaya. Bentuk ini dikenal sebagai laron atau anai-anai.Semua rayap makan kayu dan bahan berselulosa.Tanpa kenal kompromi serangga ini mampu merusak apa saja seperti tanaman dan bangunan, bahkan perabotan rumah tangga, buku-buku, kabel listrik, serta barang-barang lain.Berdasarkan lokai sarang dan tempat tinggalnya rayap dapat digologngkan dalam beberapa tipe.Rayap pohon, yang menyerang pohon hidup, bersarang di pohon dan tidak berhubungan dengan tanah.Rayap kayu lembap menyerang kayu mati dan lembap, bersarang dalam kayu dan tidak berhubungan dengan tanah.Rayap kayu keringhidup pada kayu yang telah kering. Hewan ini biasanya hidup pada bangunan rumah, perabot seperti meja, kursi, lemari, dan sebagainya.Tanda serangannya adalah terdapatnya butiran-butiran kecil berwarna kecokelatan yang sering berjatuhan di lantai atau kayu yang diserang.Rayap tanah umumnya hidup di dalam tanah yang banyak mengandung kayu mati atau membusuk.

Untuk mencegah rayap, sebaiknya kayu-kayu yang akan dipakai diolesi terlebih dahulu dengan oli bekas. Lakukan ini dua kali agar kayu benar-benar bebas raya.

Untuk memberantas rayap, cari sarangnya lalu tuangi oli atau minyak tanah ke sarang tsb, juga jalan menuju sarang.

@intisari

Iklan