Bagi pelanggan speedy seperti saya, sudah biasa jika terkena serangan Lola alias loading lama alias lelet. Speedy yang terkesan plin plan kadang akses stabil kadang menjadi down buruk kadang ga nyambung sekali, persis seperti kondisi negara kita saat ini yg terkesan plin plan dalam menyikapi masalah. Salah satunya yg sering dialami adalah ketika beberpa situs tidak bisa menampilkan halamannya secara sempurna (acak-acakan) hanya terlihat teks saja, seperti fecebook dgn tampilan di bawah ini :

facebook

lalu apa penyebab dan bagaimana solusinya ?

Secara sederhana bisa dikatakan penyebabnya adalah karena akses atau Rute ke server terhambat, misalkan ketika kita hendak menuju situs B maka kita akan dihadapkan beberapa pilihan rute, ketika alamat IP (Protokol Internet) yg kita gunakan tidak tepat maka perintah kita tidak akan sampai ke tujuan atau menyasar atau sampai dengan waktu lambat sekali.

lalu apa solusinya ?

Karena masalah ada pada rute pemilihan IP adress maka kita bisa melacak IP mana yg stabil dan kita hindarkan IP yang trouble alias Time Out terus ! Rumusannya kita pake resep perintah CMD Tracert :

TRACERT (jejak rute), utilitas baris perintah yang dapat Anda gunakan untuk melacak lintasan protokol Internet (IP) yang diperlukan untuk sampai tujuan.

langkahnya ?

1. Klik Start / RUN / tulis CMD

2. Ketik tracert (spasi) (situs yg bermasalah) misalkan tracert facebook.com

3. Pilih IP yg stabil, pindahkan ke IP Adress kita

Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini

tracert langkahcats2cats3