Pernahkan anda pada saat main komputer atau pada saat mengerjakan tugas, skripsi atau hal penting lainnya tiba-tiba komputer anda restart dengan sendirinya tanpa pesan error atau nge-hang terlebih dahulu, padahal banyak file  yang belum tersimpan (save), nah gejala ini pada umumnya dikarenakan  PC kita mengalami over heat atau panas yang berlebihan atau juga karena ada masalah pada handware seperti fan/kipas mandeg, Power supply lemah, ataupun karena virus merajalela dan banyak hal lainnya yang menjadi penyebab.

Tapi ingat satu hal yang perlu kita ketahui bahwa sebenarnya Gejala Restart mendadak ini sebenarnya akibat ulah OS Windows itu sendiri. Tentu saja Hal ini dilakukannya untuk menghindari kerusakan pada komputer. Begitu ada yang ngga beres dengan komputer anda, windows akan langsung nge-restart.

Nah untuk menghindari Restart mendadak tersebut sebenarnya kita bisa menghalaunya dengan otak atik settingan windows melalui trik manual sebagai berikut :

dari arah Desktop ==> Klik kanan icon My Computer  ==>
klik tab Advanced ==> Klik tombol setting pada startup and recovery
==> Hapus checklist Automatically Restart ==> OK

Melalui langkah tersebut, Insya Alloh PC anda tehindar dari masalah restart mendadak, tapi ingat jika gejala lantaran overheat superparah, saya sarankan tips tadi jangan digunakan terlalu lama, tapi anda harus cepat-cepat memperbaiki PC anda sebelum PC anda mati slamanya.

restart

Owya tips ini sering dipakai oleh para teknisi service Komputer agar komputer komputer terlihat normal ngga ada  masalah.

Wassalam.