GANYOL / GANYONG/ LAOS MEKAH/ CANNA EDULIS

Sebagai tanaman Hias , sebagai tanaman Obat Herbal, Sebagai pangan pengganti Beras :

 ganyong  img_26181

Kandungan Gizi :

Data Direktorat Gizi Depkes RI menyebutkan bahwa kandungan gizi Ganyong tiap 100 gram secara lengkap terdiri dari kalori 95,00 kal; protein 1,00 g; lemak 0,11 g; karbohidrat 22,60 g; kalsium 21,00 g; fosfor 70,00 g; zat besi 1,90 mg; vitamin B1 0,10 mg; vitamin C 10,00 mg; air 75,00 g.

 Kandungan Kimia :

Umbi dan Bunga Ganyol mengandung Saponin, Flavonoida, Bunganya mengandung Po’ifenol

Manfaat :

  1. Dibuat menjadi keripik ganyong dan tepung ganyong
  2. Sebagai Obat Herbal seperti : Obat Lambung, Obat Panas Dalam, Radang Saluran Kencing, dll
  3. Tanaman Ganyong muda dimakan sebagai sayuran hijau
  4. Daunnya digunakan pembungkus atau alas makan
  5. daun dan umbinya bisa digunakan sebagai pakan ternak
  6. Sebagai tanaman hias
  7. bijinya yang hitam dan berkulit keras digunakan   sebagai kalung atau tasbeh
  8. Dibuat Umbi Rebus atau Bubur sebagai pengganti Nasi
  9. Ganyol Tepung bisa dibuat menjadi Kue, Mie, dll
  10. dll

Cara Tanam :

Sebenarnya tanaman ini  termasuk tanaman yang gampang tumbuh, apalagi dimusim penghujan sangat cepat perrtumbuhannya, saya pribadi menanam tanaman ini melalui umbi yang bertunas pada tanah yang gembur bahkan sekarang tinggi tanaman hampir mencapai  2 meter, saya gunakan sebagai tanaman hias dihalaman namun tiada salahnya bila kita mengetahui teknik penanamannya.

Bibit Ganyong dapat diperoleh lewat umbi atau anakan. Tanah dicangkul sedalam 30 cm sampai gembur, dan biarkan selama sekitar 15 hari. Setelah itu, dicangkul lagi sambil dibuatkan guludan-guludan, dengan ukuran lebar 40 – 60 cm, tinggi 25 – 30 cm, dan panjang disesuaikan kondisi lapangan. Jarak antar-guludan sekitar 10 – 100 cm. Buatkan lubang tanam sedalam 10 – 15 cm, dengan jarak-lubang biasanya 30 x 30 x 30 cm. Bibit anakan dimasukkan ke lubang tanam, lalu ditimbun dengan tanah.Setelah ditanam, lakukan perawatan dan pemeliharaan. Penyiangan dilakukan sebulan sekali, bersamaan dengan penggemburan tanah dan guludan. Di samping itu, lakukan juga pemupukan.

 

Cara Panen

Pemanenan Ganyong bergantung tujuan penggunaannya. Bila untuk umbi rebus yang langsung dimakan, maka petiklah Ganyong muda berumur 6-8 bulan.

Sebaliknya, jika akan digunakan untuk pembuatan produk pati atau tepung bisa dipanen tua (15-18 bulan)

 

Resep Obat Herbal :

1. Panas dalam:

Umbi ganyong 30 g; Rimpang temu lawak 30 g; Air 700 ml, Direbus sampai mendidih selama 15 menit, Diminum hangat-hangat 2 kali sehari

2. Radang saluran kencing

Umbi ganyong 40 g; Daun kumis kucing 30 g; Akar alang-alang 20 g; Air 600 ml, Direbus sampai mendidih selama 15 menit, Diminum hangat-hangat pagi dan sore

3. Obat Lambung

Untuk obat lambung dipakai +- 25 gram tepung Umbi Ganyong

Dicampur dengan1 gelas air, ditambah garam dapur ¼ sendok the dan gula merah sebesar ibu jari. Lalu dimasak selama 15 menit sampai erbentuk bubur, setelah dingin dimakan sekaligus.

4. Obat Mimisan

umbi yang telah dihancurkan, direndam dan dihancurkan, direndam dan dilembutkan dalam air digunakan untuk menghilangkan mimisan

 

Untuk Cemilan :

 

1. Dibuat Tepung Ganyol

Tepung ganyol dapat dibuat dengan cara membuat pati yang berasal dari umbinya. Caranya yaitu bersihkan kulit ganyol dengan cara mencuci bersih atau mengupasnya, kemudian parut dan peras airnya dengan menggunakan saringan, air saringan diendapkan sampai endapan dan airnya terpisah, setelah itu endapannya baru dijemur di bawah sinar matahari sampai kering,

2. Dibuat Umbi Rebus

Ganyong direbus, lalu dimakan. Rasanya pulen kemanis-manisan dan bergizi cukup tinggi, terutama kandungan karbohidratnya.

@ dari berbagai sumber & Pengalaman pribadi