Diantara billing yang pernah saya jumpai, rata-rata memiliki fitur yang komplet beragam dan membutuhkan server untuk menjalankannya serta tidak gratis alias berbayar. Untuk warnet dengan skala  besar (lebih dari 10 unit) mungkin billing jenis  seperti itu yang diperlukan. Namun bagaimana jika kondisinya menimpa mereka yang mau merintis usaha internet dengan modal seminimalis mungkin dimana mereka hanya memiliki  enam sampai delapan PC saja. Masih perlukan sistem server yang mengharuskan mereka merelakan 1 PC digunakan sebagai server yang hanya bisa dipakai oleh operator pemilik, artinya 1 PC direlakan tanpa menghasilkan uang dan menurut saya hal ini tidaklah efektif alias tidak praktis.

Nah, berdasarkan asumsi tersebut saya mencoba membuat billing yang lebih praktis tanpa menggunakan server, dimana setiap PC bisa disulap menjadi server sekaligus klien. Tanpa harus menginstal windows server sebagai operation system pengendali. Dalam percobaan saya menggunakan windows XP (karena hanya windows XP sp2 saja yang saya punya), namun anda bisa mencobanya dengan versi windows lainnya.

Pengendalian antar PC bisa dilakukan dalam sintem jaringan LAN Workgroup saja. Setiap PC mesti memiliki username  dan IP address  untuk memudahkan koneksi antar PC. Semua PC bisa difungsikan sebagai Server sekaligus Klien. Teknik Ini yang sering dinamakan  “Stand Alone System”. Untuk remote jarak jauh misalkan berbeda kota atau propinsi, bisa memakai aplikasi Team Viewer yang juga disediakan dalam menu, dengan cara bertukar code.

Beberapa fitur yang tersedia dalam software ini diantaranya : sistem login, memantau PC lain dengan cara remote/mengendalikan PC lainnya, mematikan/shutdown PC lain, mengunci PC dgn cara menonaktikan keyboard dan mouse PC lain, memainkan MP3, dll.

Karena software ini saya buat sesederhana mungkin dan dibuat portable maka terlebih dahulu baca aturan pemakaiannya, selamat mencoba dan selamat berbisnis.

Download Unda Timer Versi 2.0 (login&Exit tanpa password)

 Billing gratis

 Billing warnet

 

Versi sebelumnya bisa dibaca diartikel saya terdahulu :