Tablet ? jangan salah, pengertian tablet yang akan dibahas disini bukanlah butiran obat-obatan yang biasa ditemukan di apotik ataupun di rumah sakit jadi tidak ada hubungannya tapi tablet ini atau lebih lengkapnya dinamakan tablet PC  merupakan laptop atau komputer portable berbentuk buku komputer digital yang kompak, mudah dibawa kemana-mana.

Ciri-cirinya cukup jelas. Ukurannya lebih besar dibanding ponsel, memiliki layar sentuh dan biasanya dioperasikan secara penuh lewat layar sentuh tersebut. Umumnya tidak memiliki keyboard secara fisik namun berupa keyboard virtual yang ada di layar. Kalaupun ada keyboard fisik, biasanya terpisah dari tablet itu sendiri dan dihubungkan melalui jalur nirkabel seperti bluetooth atau port USB.

Tablet PC, iPhad

Apa itu perbedaan Tablet ? iPad ? Galaxy ? 

Perbedaan Tablet dan iPad hanyalah pada pabrikannya saja karena iPad sendiri sebenarnya Tablet PC juga, ilustrasinya seperti ini : Microsoft memperkenalkan versi Windows XP untuk komputer tablet yang disebutnya Tablet PCpada tahun 2000. sedangkan Apple baru meluncurkan versi komputer tabletnya pada tahun 2010 dengan nama iPad.  Pada tahun 2011 Samsung meluncurkan versi komputer tablet Galaxy  Tab 7 dan 10.1 (P7100).

Lalu apa perbedaan Windows & Linux tablet ? iOS ? Android ?

Tablet sebenarnya dibedakan menjadi 2 yaitu Tablet PC tradisional dan tablet PC dengan sistem operasi modern Tablet PC
tradisonal biasanya menggunakan sistem operasi yang juga digunakan oleh komputer seperti Microsoft Vñndows (sebelum
windows 8) dan Linux.

Tablet PC dengan sistem operasi modern biasanya mengadopsi sistem operasi yang lebih dulu ada di smartphone. Contoh yang paling berhasil adalah iPad dengan sistem operasi iOS yang merupakan pengembangan dari iPh0ne. Disusul kemudian dengan tablet-tablet berbasis sistem operasi Android yang didukung oleh vendor-vendor sernacam HTC, Asus, Acer, Samsung,
dan LG.
Meski saat awal kemunculannya tablet PC tergolong gadget mahal, namun di Indonesia ternyata sudah ada vendor lokal yang mulai menjual tablet dengan harga dibawah 1 jutaan. Bahkan kini tablet dengan teknologi dual core pun dijual dengan harga terjangkau. Bahkan diperkirakan lagi harga tablet ini akan semakin murah seperti halnya Handphone yang biasa kita gunakan.

Postingan terakhir :