Dari namanya terlihat keren kan? tapi tahukah apa itu SODIS. SODIS ini merupakan metode sederhana dan murah dalam mengdisinfektasi air dengan menggunakan sinar matahari dan botol PET (botol air mineral) sehingga layak dan bersih untuk langsung dikonsumsi. Metode ini sangat mudah dan gampang dipraktekkan hanya dengan menjemur air mentah sehingga aman untuk diminum, teknik ini cocok untuk keadaan darurat atau daerah yang terkena bencanan untuk mengatasi masalah air minum. Metode ini juga direkomendasikan oleh Badan World Health Organization (WHO) sebagai metode yang layak untuk keperluan pengolahan air rumah tangga dan penyimpanan yang aman.

Metode SODIS memanfaatkan sinar ultra violet dari sinar matahari untuk membunuh patogen dalam air. SODIS mampu membunuh 99.9 persen patogen dalam air.

Untuk membuat SODIS hanya menggunakan 3 media, pertama : air mentah (filter jika air tersebut terlalu keruh), kedua : botol plastik 1.5 liter dan ketiga : sinar matahari.

Metode SODIS

SODIS memanfaatkan sinar matahari untuk membunuh mikroorganisme patogen dalam air supaya air aman untuk diminum. Dengan menerapkan metode SODIS secara tepat, air mentah bisa menjadi air minum yang aman dalam waktu relatif singkat.

Proses:

1.     Bersihkan botol PET (botol air minum dalam kemasan) dan lepaskan labelnya. Gunakan botol berukuran 1.5 liter atau lebih kecil. SODIS hanya bisa diterapkan pada botol ukuran tersebut (dangkal dalam posisi horisontal seperti botol air kemasan 1,5 liter)

2.    Isi botol dengan air hingga penuh lalu tutup dengan rapat. Dikocok sebentar namun Usahakan tidak ada gelembung udara dalam botol.

3.    Letakkan botol di tempat yang mendapat sinar matahari langsung dan biarkan terjemur dari pagi hingga sore sehingga botol terkena sinar matahari selama 6 jam atau lebih. Jika langit sedang mendung, jemur botol selama 2 hari dibawah sinar matahari yang konstan.

4.     Setelah dijemur seperti cara diatas, air sudah aman untuk dikonsumsi.

* Air yang berawan atau mengandung endapan harus disaring terlebih dahulu karena dapat memperlambat atau menghambat proses radiasi matahari. Karena itu, SODIS paling sering digunakan di musim kemarau.

 Prosesnya seperti gambar di bawah ini  :
SODIS
Untuk videonya anda bisa melihatnya di situs Youtube :
Untuk info yang membahas tentang SODIS secara mendalam bisa anda temukan pada situs dibawah :