@ Al Arif

Tujuan utama dari sebuah bisnis atau usaha adalah untuk mendapatkan profit atau keuntungan. Seorang pengusaha tentu harus memfokuskan segala upayanya untuk mendapatkan profit sebanyak-banyaknya. Sayangnya, banyak pengusaha yang hanya menggunakan satu jurus untuk mendapatkan profit. Padahal, ada banyak jurus lain yang lebih mudah untuk dilakukan.

5 jurus untuk meningkatkan profit usaha Anda adalah  :

  1. Menaikkan harga

Ini adalah jurus yang paling mudah yang bisa Anda lakukan. Anda bisa menaikkan harga produk Anda, misalnya 10 % dari harga semula. Kenaikan 10 % ini akan menaikkan juga pendapatan Anda lebih dari 10 %. Misalnya harga produk Anda 100, profit 20 % adalah 20. Jika Anda menaikkan harga 10 % menjadi 110, profit Anda menjadi 30. Anda bisa lihat, sebelum dinaikkan profit Anda 20. Tapi setelah dinaikkan menjadi 30. Kenaikan profit Anda 50 % dari profit semula

Berapa kenaikan yang pantas untuk produk Anda ? Hal ini tergantung beberapa hal, antara lain :

–          jenis produk

–          harga pesaing

–          kondisi ekonomi

–          variasi produk

–          dll

Anda bisa melakukan tes, untuk mendapatkan kenaikan harga yang pantas

Biasanya pengusaha kurang berani untuk menaikkan harga. Ia khawatir jika harga dinaikkan, barangnya tidak laku atau omzet akan menurun. Apalagi jika salesnya tahu, mereka akan berkeluh kesah kepada pimpinan, khawatir juga omzet akan menurun. Karena itu, sebelum menaikkan harga Anda harus memiliki alasan yang kuat mengapa menaikkanharga. Alasan yang kuat misanya :

–          semua pesaing sudah menaikkan harga

–          barang Anda memiliki manfaat yang besar, melebihi harga yang Anda tawarkan

–          produk Anda unik, tanpa pesaing

–          harga bahan baku naik, sehingga tidak mungkin kalau harga jual produk tidak dinaikkan,

–          dan lain-lain

Jadi, jangan ragu untuk menaikkan harga, jika hal itu akan meningkatkan profit usaha dengan cepat.

  1. Meningkatkan jumlah customer baru

Cara ke dua untuk meningkatkan profit usaha adalah meningkatkan jumlah customer baru. Cara ini adalah cara yang paling umum kita lakukan. Dan sepertinya, cara ini banyak menyita waktu kita untuk meraih profit.

Bagaimana cara untuk mendapatkan customer baru ? berikut ini beberapa langkah yang biasa kita lakukan :

–          Menambah biaya marketing. Dengan harapan, jika biaya ditambah, customer baru juga bertambah

–          Mencari media alternative untuk pemasaran. Ini dilakukan jika media lama dianggap kurang efektif atau bisa juga untuk membantu media lama.

Meningkatkan customer baru adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan profit perusahaan. Tapi jangan lupa pada langkah berikut ini ….

  1. Meningkatkan Jumlah Pembelian Per Customer

Jangan hanya mencari customer baru, sementara customer lama Anda lupakan. Customer lama merupakan orang yang sudah memiliki kepercayaan kepada Anda. Karena itu menjadi lebih mudah untuk mendapatkan pembelian dari customer lama daripada customer baru.

Beberapa metode untuk meningkatkan jumlah pembelian per customer antara lain :

–          Up selling, artinya menawarkan spesifikasi yang lebih besar dengan harga yang lebih mahal. Misalnya Anda menjual computer. Seorang konsumen datang ingin membeli computer dengan harga 3 jutaan. Maka, tawarkan computer yang lebih tinggi spesifikasinya dengan harga yang lebih mahal. Jelaskan manfaat-manfaatnya yang sesuai dengan harapan konsumen tadi

–          Cross selling, artinya menawarakn produkyang melengkapi produk utama yang dibeli customer Anda. Misalnya, pembeli computer ditawari asesoris computer. Pembeli makanan di warung, ditawari juga minuman dan makanan pembuka.

–          Meningkatka frekuensi pembelian.. Maksudnya, Anda bisa meningkatkan frekuensi pembelian customer dalam jangka waktu tertentu. Kalau saat ini customer membeli 1 bulan sekali, tingkatkan menjadi satu bulan lima kali

Yang selalu harus kita ingat adalah, biaya untuk “merawat” customer lama jauh lebih rendah daripada biaya untuk mendapatkan customer baru. Karena itulah di dunia bisnis ada Customer Relationship Management (CRM)

  1. Menjadikan Customer Anda sebagai pemasar

Anda ingin meningkatkan profit dengan cara GRATIS dan menyebar seperti virus ? inilah caranya. Jadikan customer Anda sebagai pemasar produk Anda. Maksudnya bagaimana ?

Berawal dari kepuasan customer akan produk dan pelayanan yang Anda berikan, ia akan dengan sukarela menyebarkan usaha Anda ke orang lain. Ini juga yang disebut pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth). Berdasarkan penelitian, orang akan jauh lebih percaya membeli produk Anda jika ada yang mereferensikan. Dan Anda bisa membayangkan, jika satu customer Anda memiliki relasi ratusan orang atau bahkan ribuan orang, berapa customer baru yang akan Anda dapatkan. Terlebih saat ini era internet dan SMS.

Karena itu, kepuasan pelanggan harus Anda wujudkan di bisnis Anda. Produk dan pelayanan Anda harus mampu menjadikan customer memiliki loyalitas tinggi. Dan pada akhirnya produk dan pelayanan Anda harus bisa menjadikan customer sebagai pemasar Anda

Nb :  Judul asli artikel ini “4 Jurus Mudah menaikkan Profit Bisnis Anda”