Tulisan ini bukanlah untuk membahas tentang apa itu Java? apa itu java scrips? atau apa itu add ons. Kalau anda memang sengaja untuk memcari arti dari Java ataupun java scrips silahkan googling aja di Google atau cari via wikipedia disini dan disini. Sebenarnya saat ini saya hanya ingin berbagi pengalaman berupa tips untuk “sedikit” mempercepat akses internet melalui penambahan pelengkap gaya (add-ons) khusus pada Browser Mozilla ataupun browser kembarannya Comet Bird.

Add-ons Quick java memang dipersiapkan untuk memudahkan kita dalam mengatur pemakaian bahasa pemograman seperti java ataupun java scrips, dimana kita bisa mengaktifkan dan juga mematikan akses ini. Selain itu kita juga bisa mengatur pemakaian Flash dan gambar yang banyak bertebaran pada suatu situs web.

Seperti kita maklumi bahwa sebagian besar situs memasangkan fungsi-fungsi tersebut untuk mempercantik tampilannya, namun pemakaian setiap fungsi sepertihalnya Flash dapat memberatkan  proses loading. Pada saat akses mulai melambat maka kita bisa mengaturnya dengan beberapa pilihan yaitu mengaktifkan (enable/tanda biru) atau mematikan proses (disable/tanda merah) baik itu java,java scrips, flash ataupun Image(gambar). Semua tersedia dalam bentuk icon yang tampil pada status bar pada pojok kanan bawah.

Add ons

misalkan pada saat kita men-disable-kan fungsi I (image) maka secara otomatis akses loading akan semakin cepat, namun tampilan gambar akan menghilang, dan kita hanya bisa melihat tulisan-tulisan pada suatu situs web, begitu juga halnya untuk fungsi-fungsi lainnya.

Untuk memasang add ons ini adalah sebagai berikut :

1. Buka Browser Mozila atau Comet Bird

2. Arahkan mouse pada menu Tools / Add-ons / Get Add-ons / pada kolom pencarian tulis QUICK JAVA/ add to Browser / Install /

3. Setelah proses pemasangan (install) selesai,  restart Browser, kemudian buka lagi, kalau sudah berhasil maka akan tampil icon status bar pada pojok kanan bawah, kemudian atur sesuai selera.

add ons

4.  Untuk mengatur Flash kita bisa juga memasangkan add ons lainnya seperti Flash Game Maximizer, caranya sama seperti diatas.

@ Etalase Ilmu

Kunjungi juga artikel lainnya :

Menampilkan Become A Fan Facebook

EmotIcon for Chat on Facebook

goodbye transtool, welcome google translate