E.I. – Pernah dengar shoutbox? ya, dinding tampilan yang memuat pesan-pesan yang biasa di tempel disamping blog kita. mungkin semacam dinding pesan/chatbar-nya Facebook atau semacam SMS-nya pada Handphone, tujuannya tentu saja untuk memperlancar komunikasi secara online. untuk menampilkan shoutbox ternyata tidak mesti memiliki Blog. karena sekarang ada layanan terbaru dari penyedia shoutbot yaitu Cbox yang menyertakan alamat/link addres setelah kita melakukan registrasi gratis di Cbox, selain itu kita juga akan diberikan Code untuk Widget blog/site.
Seperti halnya hosting versi gratisan wordpres tidak mengijinkan para penggunanya untuk memasang widget shout box namun berbeda halnya dengan blogspot yang dengan mudah kita bisa menempelkan shoutbox pada tampilan blog kita.
Nah, sebagai pengganti kode widget chatbar tersebut maka kita diberikan link adress yang membuat nama yang kita daftarkan yang bisa kita panggil kapapun juga tanpa harus membuka blog karena kita telah dibeikan hosting sendiri oleh Cbox, artinya kita bisa membuat shoutmix chatbar pribadi secara online, dan kita bisa sebarkan alamat link address kita pada teman/orang-orang yang hendak kita ajak berkomunkasi via chat bar alamat kita tanpa harus membuka blog/situs atau login ke situs seperti halnya facebook.
cara membuatnya sebagai berikut :
1 . meluncur ke situs Cbox : http://www.cbox.ws/
2. Daftar dengan menklik SignUP dipojok kanan atas :

Cbox
3. Isi semua draf mulai dari nama, alamat email,password, site, kemudian klik create my cbox
4. selesai
5. setelah melakukan konfirmasi email, kemudian masuk (sign in) dengan nama yang kita daftarkan tadi.
6. klik publish

Cbox
7.kalau ingin menempelkan widget pada blog (selain wordpress), tinggal mengkopi semua kode yang tersedia.
8. lihat alamat link yang diberikan (klik kalimat bertanda merah: Get your quick link.), selesai, dan anda bisa mempublikasikan link tersebut.
contohnya : etalaseilmu.cbox.ws

cbox