Dalam tulisan sebelumnya telah dijelaskan bagaimana membuat sebuah file tife Pdf dan bagaimana mengeditnya hanya dengan menggunakan program sederhana. Nah sekarang saya akan memberikan tips bagaimana mengedit atau meniru tampilan sebuah webs atau blog dengan mengunakan sebuah software sederhana yang bernama NVU. Sebenarnya banyak software yang bisa digunakan untuk meniru web atau blog hanya dengan membaca kode dibalik halaman web/blog tersebut, diantaranya dreamweaver atau microsoft FrontPage, namun bagi  saya pribadi lebih nyaman menggunakan software NVU selain sederhana dan simple dalam tampilan juga sangat praktis dalam menjalankannya, jadi tidak memerlukan keahlian yang khusus layaknya seorang programmer.

Software ini juga bisa digunakan untuk mengedit atau mengambil artikel pada sebuah situs atau blog yang biasa dikunci oleh pemiliknya, dimana artikel itu sengaja hanya untuk dibaca tapi tidak bisa copy paste.

caranya sebagai berikut :

1. Instal software NVU (6,58 Mb)

2. Buka Browser Mozilla (saya menganjurkan untuk memakai mozilla)

3. Buka situs yang ingin dijiplak kemudian tekan CTRL U  untuk melihat kode dibalik halaman situs,

(kalau hanya untuk melihat artikel yang di Anti Copas (anti CopyPaste), saya rasa langkah ini sudah cukup untuk mengambil artikel yang kita inginkan, jadi kita hanya mengkopi isi artikel dengan cara blok semua kode (Ctrl A) kemudianCopy (tekan Ctrl C) lalu paste (Ctrl V) di Ms word atau open office atau di wordPad atau program lainnya terserah anda)

4. Blok semua isi kode halaman (tekan Ctrl A) Copy semua sumber kode halaman (tekan Ctrl C) kemudian Buka program NVU dan paste (tekan Ctrl V) semua isi kode kedalam kolom barisan source dibagian bawah program.

5. lihat hasilnya  melalui Preview, anda tinggal mengedit hasilnya sesuai selera anda

6. Selesai, semoga bermanfaat