Buku elektronik atau ebook saat ini merupakan tren di kalangan pelajar dan pengemar dunia maya. Beberapa orang berpendapat ebook lebih simple dan praktis bila dibandingkan buku. Dalam ukuran yang relatif kecil bahkan kita bisa membaca ratusan halaman buku hanya dalam satu file yang bernama ebook. Bahkan novel petualang Harry Potter, misalnya, dalam empat seri buku memliki ketebalan yang sangat luar biasa bahkan menyerupai “bantal” tidur saking tebalnya. Tapi saat kita menyimpannya dalam format Ebook novel yang setebal “bantal” itu hanya memiliki kapasitas kurang dari 5 mega saja??? luar biasa kan?

Tapi tahukah anda proses pembuatan artikel atau buku hingga berwujud Ebook? Kalau anda bilang prosesnya sangat sulit, maka saya bilang “salah besar”, karena untuk membuat ebook sangatlah gampang dan mudah dipelajari. Dengan beberapa bantuan software-sofware gratisan kita bisa mewujudkan sebuah skripsi kita menjadi ebook dengan tampilan yang propessional.

Tahapan pembuatan ebook adalah seperti ini :

1. siapkan artikel, tulisan yang ingin kita rubah. (tulisan atau artikel bisa kita buat melalui program Microsoft word, Wordpad atau apapun dalam bentuk document/doc,rtf, txt, tmd dan format-format lainnya).

2. Salin semua tulisan kedalam program yang dapat memproses file tife tadi menjadi pdf, seperti adobe acrobat atau Tomahawk. (saya sendiri biasa menggunakan tomahawk, selain simple juga gampang dipelajari, tapi kalau ingin membuat ebook dengan cara men-scan buku disarankan pakai adobe acrobat 7)

Free download Tomahawk v.3.0.0

Free download Tomahawk v.3.0.1

3. Setelah tulisan disalin ke program Tomahawk, kemudian convert to Pdf untuk merubah tulisan menjadil tife ebook pdf.

4. untuk membuat sampul / cover halaman kita bisa berkunjung ke situs ( http://3d-pack.com/#swf ) dan ( http://ezinefire.com/ecover/), kita bisa membuat cover secara online dengan tahapan sangat-sangat mudah dimana kita hanya menuliskan judul yang diinginkan, maka hasilnya bisa kita simpan, seperti contoh dibawah ini :

@ selamat mencoba

baca artikel lainnya

–  Free Pdf to Word Converter