Kentang. Siapa yang tidak mengenal tanaman ini? Jenis umbi-umbian ini dikenal sering digunakan sebagai pangan alternatif. Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya kentang adalah tanaman pemakan daging atau karnivora?

Penemuan ini benar-benar mengejutkan. Pasalnya selama bertahun-tahun para ilmuwan percaya bahwa kentang dan tomat hanya menyerap nutrisi dari tanah.

“Banyak ragam tumbuhan sayur-sayuran yang diketahui merupakan pemakan daging. Mereka umumnya memakan serangga yang terjerat perangkap mereka,” kata profesor Mark Chase, seperti dikutip dari Daily Telegraph, Selasa (8/12/2009).

Mark dan timnya dari Royal Botanic Gardens dan Kew and London’s Natural History Museum menyebutkan, selain kentang, tanaman lain yang digolongkan sebagai karnivora adalah tomat, petunia atau bunga terompet dan kantong semar.

Tanaman seperti petunia, kentang dan tomat memiliki bulu lengket yang bisa menjebak serangga untuk menempel pada mereka. Dalam penelitian yang dilakukan Mark dan timnya terbukti bahwa ketika serangga jatuh ke tanah, mereka langsung menyerap nutrisi dari serangga melalui akar tanaman. ( Daily Telegraph/ Jam)

@ HU.Pikiran Rakyat 07/01/2010 ;  www.telegraph.co.uk ; www.all-china-agriculture.com

baca artikel lainnya :

–  Jengkol

–  Sejarah Kentut