Berbagai kebiasaan di era digital seringkali membuat khawatir akan berdampak buruk pada perkembangan otak. Namun nyatanya hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa kegiatan berinternet rutin selama satu jam  bisa meningkatkan taraf kecerdasan atau IQ dan juga daya ingat.

Para ilmuwan di University of California, Los angeles membandingkan otak partisipan yang tergolong orang dewasa berusia paruh baya yang jarang menggunakan internet dengan kondisi otak mereka setelah bermain internet selama satu jam sehari.

Setelah lima hari, area otak yang disebut prefrontal cortex yang mengontrol kemampuan dalam membuat keputusan dan mengintegrasikan informasi rumit terlihat jauh lebih aktif. “area ini sebelumnya kurang aktif ketika belum dilakukan percobaan,” kata Gary Small, ketua tim peneliti. ” Namun setelah lima hari, area otak itu sama aktifnya dengan otak milik mereka yang rutin berinternet.

Ini menunjukkan bahwa fungsi otak dapat berubah dan meningkat dengan penggunaan internet,” katanya. Melalui studi ini, diketahui pula bahwa rata–rata tingkat IQ meningkat secara perlahan seiring dengan perkembangan  kultur digital.

Kemampuan mengolah informasi dengan cepat dan melakukan banyak tugas tanpa kesalahan juga terus meningkat. Bahkan kegiatan menjemukan seperti memeriksa dan memilih e-mail pun dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat keputusan.

” Kegiatan rutin memilih e-mail dalam inbox setiap hari membantu mengembangkan kemampuan menyaring informasi dalam jumlah lebih besar dengan cepat. Kita pun dilatih untuk memutuskan mana yang penting dan yang tidak ,” tutur Small.

@ hu.pikiran rakayat,7/01/10