Tidak semua situs di internet memberikan manfaat bagi kita maupun keluarga kita. Selain memberikan dampak positif dimana kita mendapatkan segudang input dan informasi namun disamping itu internet juga juga memberikan dampak negatif jika kita tidak bisa mengontrolnya. Mungkin bagi orang dewasa masih bisa memilih dan memilah situs mana yang pantas dilihat dan situs mana yang perlu dihindari.

Yang menjadi masalah adalah efek bagi anak dibawah umur atau anak-anak sekolahan yang yang masih abg. Tugas dari orang tua untuk membimbing dan memantau anak – anak dalam berselancar di internet, caranya dengan memilah dan memblok situs-situs yang tidak kita inginkan, caranya sebagai berikut :

1.  Buka Windows explorer

2. Buka local disk  C:/WINDOWS/system32/drivers/etc/ hosts

3. Klik kanan file hosts/buka dengan “notepad

4. Cari tulisan    127.0.0.1       localhost

5. Dibawah IP “127.0.0.1           localhost”  tambahkan nama website yang ingin kita blokir

contoh :         127.0.0.1         localhost

127.0.0.2        http://www.bluefame.com

127.0.0.3       bluefame.com

Yang perlu di ingat disini adalah, semakin banyak website yang mau diblokir maka ujung IPnya harus berurutan, mulai dari 1 sampai berapa banyak situs yang akan diblock.

ex :
127.0.0.1 localhost
127.0.0.2 http://www.bluefame.com
127.0.0.3 bluefame.com
127.0.0.4 http://www.yahoo.com   dan seterusnya

catatan :

* apabila file dengan nama “HOSTS” tidak ketemu dalam folder system32, maka dapat  digunakan fasilitas Search yang ada di windows, dan kamu bisa langsung cari file HOSTS tersebut di drive C

* tips ini saya coba dalam os windows


@ acehforum.com