Tip menuntaskan kebiasaan mengompol pada si kecil.

Meskipun disebut anak-anak, pada dasarnya peristiwa mengompol bagi mereka tetaplah sesuatu yang menggangu rasa percaya diri. Dan sebagai orang tua, kita harus bisa meyakinkan mereka bahwa mengompol merupakan masalah yang biasa terjadi dan bantu mereka mengatasi masalah tersebut.

Berikut beberapa tip untuk mendampingi si kecil mengatasi masalah mengompol mereka :

1. Fokus pada inti masalah, yaitu mengompol. Hindari menyalahkan atau menghukum si kecil. Kita perlu ingat, anak tidak dapat mengendalikan kapan mereka mau mengompol atau tidak. Menyalahkan atau memberikan mereka hukuman malah hanya akan memperburuk masalah.

2. Pupuk rasa sabar dan suportif. Berikan keyakinan dan dukungan penuh pada si kecil sesering mungkin. Jangan membuat isu atau permasalahan baru setiap kali anak kita mengompol.

3. Tegakan “dilarang mengejek” dalam peraturan keluarga. Jangan biarkan orang di dalam dan di luar keluarga kita diperbolehkan mengejek si kecil mengenai kebiasaan mengompolnya. Dan jangan pernah mendiskusikan masalah ini di depan anggota keluarga yang lain.

4. Dorong rasa tanggung jawab anak. Bantu si kecil untuk mengerti keberhasilannya mengatasi masalah mengompol bukalah untuk kita tapi demi diri mereka sendiri. Yakinkan anak kita bahwa kita akan selalu berada disamping mereka dalam mengtasi masalah ini. Selain itu, ikut sertakan si kecil dalam proses pembersihan seprai atau tempat tidur yang sudah terkena ompol mereka.

5. Mudahkan proses pembersihan. Untuk meningkatkan kenyamanan dan mengurangi kerusakan, gunakan seprai yang mudah menyerap serta mudah dicuci, bed cover anti air, dan pengharum ruangan.

6. Kurangi asupan air di malam hari. Jangan berikan anak kita minuman 2 jam sebelum mereka tidur. Dan biasakan si kecil untuk pergi ke kamar mandi terlebih dahulu sebelum naik ke atas tempat tidur.

7. Biasakan pipis di malam hari. Dibanding kita terpaku dalam memastikan apakah si kecil tetap “kering” sepanjang malam, lebih baik kita bantu mereka mengerti mengenai pentingnya bagun setiap malam untuk pergi ke toilet. Pastikan juga si kecil mendapatkan akses yang mudah ke kamar mandi, seperti pencahayaan yang baik atau menyediakan pispot di kamar.

8. Berikan mereka penghargaan. Metode pemberian “hadiah” kepada si kecil terhadap pencapaian mereka memang merupakan cara yang sangat ampuh. Berikan striker setiap kali mereka berhasil tetap kering hingga pagi, dan si kecil bisa mengumpulkan stiker tersebut lalu menukarkannya dengan hadiah menarik yang kita sudah sediakan.

@(Astrid Anastasia/http://www.preventionindonesia.com)