Sebenarnya tidak  sulit bagi kita bila ingin membuat website sendiri, namun dari sekian  banyak pilihan biasanya kita diharuskan untuk membeli hosting dan domain yang tidak gratis. Nominal pembayarannyapun sangat bervariasi ada yang murah dan ada juga yang mahal, tergantung dari fasilitas yang kita pilih.

Bagi pemula, mungkin untuk membeli atau menyewa hosting dan domain sangatlah berat. Mungkin anda berfikir satu satunya jalan hanya dengan membuat Blog yang serba gratis, seperti WordPress ini. Tapi disamping banyak keuntungan ada juga kerugiannya, misalnya nama Blog yang terlalu panjang, terus pihak admin tidak mengizinkan kita untuk berjualan  atau berbisnis via Blog.

Nah salah satu cara untuk membuat website yang gratis kita bisa menggunakan fasilitas gratis webnode.com (nanti kita jadikan sebagai hosting-hostingan) dan dot.tk (kita jadikan sebagai domain). Kenapa memililih webnode.com karena web ini gratis dan menyediakan banyak fasilitas yang segudang layaknya website sungguhan, seperti template yang menarik, kapasitas penyimpanan yang cukup besar, serta kita diberikan kebebasan untuk berbisnis ataupun menulis artikel yang kita kehendaki asal tidak berbau SARA.

Untuk domain kenapa memilih dot.tk karena domain ini sangat simple dalam registrasi dan tidak berbelit-belit, proses membuat nama aja hanya diperlukan waktu 2 menit saja, kita tidak perlu menunggu waktu 1 hari atau 3 hari atau 1 minggu cukup 2 menit saja.

Caranya seperti ini

  1. Bualah alamat email anda (bebas, mau di Yahoo, Gmail, Hotmail, Plasa, dll), kalo saya pribadi lebih menyarankan pakai hotmail aja biar lebih cepat dalam proses mengirim dan menerima email.
  2. Daftarkan email anda pada webnode.com ( sign up dan ikuti langkah selanjutnya Setelah diterima, konfirmasikan ke alamat email anda, selesai)
  3. Sekarang Daftarkan alamat webnode anda  (misalkan: http://etalaseilmu.webnode.com)  pada domain.
  4. masuk ke situs domain dot.tk (klik gambar di bawah/ref), Masukkan alamat URL webnode anda tadi lanjutkan dengan  mengubah alamat URL.webnode anda dengan kata yang singkat jelas sesuai keinginan. (Misalkan dari http://etalaseilmu.webnode.com menjadi  ilmu.tk) kemudian lanjutkan dengan mengklik pilihan domain gratis yang terdaftar, masukkan alamat email, ikuti setiap langkahnya, setelah selesai segera konfirmasikan ke alamat email anda.
  5. website yang anda buat telah selesai dan siap digunakan.
  6. Semoga bermanfaat.