Berhati-hatilah kalau membeli barang dan aksesoris komputer, sekarang banyak sekali barang yang beredar  di pasaran dengan tampilan mirif merek yang asli namun ternyata palsu (Aspal). Biasanya barang yang palsu dijual dengan harga yang sedikit murah dibanding aslinya. “Penipuan” ini juga berlaku pada USB merek Kingston (merek yang paling popeler dan paling banyak digunakan saat ini), bahkan para penjualnyapun kadangkala tidak menyadari barang yang dijualnya termasuk kategori palsu, yang jelas kita selaku konsumen akan banyak dirugikan dengan beredarnya barang aspal ini.

Berikut foto kemasannya  flashdisk Kingston, tampak tidak ada perbadaan yang mencolok

berikut foto fisiknya, coba perhatikan mana yang palsu? yang kiri atau kanan, masih juga tidak kelihatan  perbedaannya?

Sekarang perhatikan bagian  Kepala USB

pada usb sebelah kiri tidak ada tulisan pada bagian kepala usbnya dan juga lebih pendek artinya USB sebelah kiri adalah palsu.

Perhatikan pula bagian Tuas Geser Kepala USB

pada yang palsu (bawah) warna plastiknya agak kebiruan. dan agak tersendat-sendat ketika di geser keluar masuk. jika kepala USB pada yang palsu ditekan agak keras, maka kepala USB dapat masuk ke posisi semula (pada yang palsu) jika yang asli, kepala USB sangat kokoh sehingga tidak akan masuk hanya dengan menekan kepala USB.

Perhatikan pula Bahan Plastik Flashdisk

bahan plastik flashdisk palsu (atas) agak kebiruan dan bahan nya tidak sekeras yang original. juga tidak adanya plstik tipis sebagai pelindung lecet pada tulisan Data Traveler

Perhatikan pula  Posisi Flashdisk ketika dicolok


Gambar atas (palsu) menunjukan Flashdisk agak miring ke bawah namun gambar bawah (asli) flash disk lurus pada saat dicolok.

Yang terakhir perhatikan Nama Drive & Nama Device

Pada yang Asli Nama drive nya ” Kingston ” namun pada yang palsu ” Removable Drive “.

Kita harus mengacungkan jempol untuk yang palsu.. sebab nama device FlashDisknya adalah “Kingston2.0” sedang untuk yang asli Untuk Nama device FlashDisk nya “KingstonData Traveller2.0”

Dapat dilihat gambar atas (palsu) transfer rate yang lambat pada saat permulaan dan tiba-tiba melonjak tinggi disaat pertengahan dan access time yang tinggi.

@  ngobrol.com