ada beberapa teman yang bertanya, bagaimana cara memulai bisnis di internet, kenapa sitem pembayaran bisnis online harus melalui Paypal. Apa itu Paypal, dan bagaimana cara kerjanya? Apa kita harus memiliki credit card untuk membuat account paypal ?Sebelumnya sy juga belum begitu faham apa itu paypal, karena sy sendiri saat itu belum begitu tertarik untuk memulai bisnis via online, okaylah akan sy jelaskan secara ringkas.

Paypal atau Payment Processor merupakan salah satu media pembayaran terpecaya yang banyak digunakan oleh pelaku transaksi online, baik penjual (merchan) maupun pembeli. Jadi bagi anda yang ingin memulai bisnis online, syarat pertama yang harus dimiliki adalah account paypal.

Rekening paypal hampir sama dengan rekening bank, pertama anda membuat account, lalu mengisi account tersebut dengan dana dari kartu kredit atau transferan dana dari account paypal orang lain ke balance paypal anda dan anda sudah dapat menggunakan account paypal untuk bertransaksi.

Yang menjadi pembeda antara Paypal dan rekening bank adalah bahwa Paypal merupakan alamat e-mail yang anda gunakan mendaftar di Paypal, jadi tidak seperti rekening bank yang terdiri dari beberapa angka yang biasa disebut nomor rekening bank.

Kegunaan dari PayPal :

1. Dapat digunakan untuk  menjual produk secara online

Paypal dapat digunakan untuk menjual produk (barang/jasa) melalui internet dimana anda bertindak sebagai Seller (penjual). Produk yang paling baik dan mudah dijual  secara online menggunakan Paypal adalah produk digital seperti buku elektronik (ebook), software, game video, audio (mp3), dll.

2.  Dapat digunakan untuk membeli produk secara online

Anda bisa berbelanja aman secara online tanpa perlu memberitahukan data kartu kredit anda kepada merchant penjual. Paypal akan menarik dana dari kartu kredit anda atau saldo Paypal anda sesuai dengan jumlah yang akan anda belanjakan dan akan memberikan laporan transaksi kepada anda melalui e-mail dan juga di account PayPal anda.

Bagi anda yang tidak memiliki kartu kredit , untuk melakukan belanja online, caranya anda harus menukar isi Paypal anda ke Dollar melalui penyedia jasa pengisian Paypal. Misalnya di www.IndonesiaPaypal.com atau melalui penyedia jasa lainnya.

Sedangkan untuk anda yang telah memverifikasi account member paypal (verified member) anda dapat menarik uang anda (istilahnya withdraw) ke rekening Bank Lokal di Indonesia dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Cara Buka Rekening Paypal tanpa kartu kredit:

Untuk pemula disarankan jangan dulu memberikan kartu kredit anda pada Paypal, fungsinya adalah untuk menghindari para Phishing yaitu kejahatan pencurian username dan password account paypal anda. Panduan membuat paypal tanpa kartu kredit adalah sebagai berikut :

Pertamakali yang harus anda lakukan adalah persiapkan  alamat email anda dengan nama yang unik dan kata sandi yang kuat( kombinasikan antara huruf dan angka), disarankan agar alamat email ini hanya digunakan untuk Paypal saja  dan harus dipisahkan dengan email anda lainnya.

Kedua, persiapkan kartu identitas anda (KTP) karena data yang akan dimasukkan harus sesuai dengan KTP yang anda miliki, termasuk nomer telpon yang anda miliki.

Ketiga, Buka situsnya di ,

https://www.PayPal.com/id/ kemudian klik daftar/signup untuk mendaftar. Untuk mempermudah ubah dulu bahasanya kedalam bahasa Indonesia.

Keempat, klik menu daftar pilih negara Indonesia, kemudian klik pilihan tife account Primer. Tife ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tife pribadi, karena bisa diupgrade ke tife bisnis.

Kelima isikan data yang diminta, alamat email / kata sandi (kombinasikan huruf dan angka) / Nama depan / Nama tengah (boleh dikosongkan) / Nama belakang / Tanggal lahir (bulan,hari,tahun) / Kebangsaan / Alamat (sesuai KTP) / Kota / Propinsi / Kodepos / Nomer telpon (masukkan dulu kode indonesia yaitu 62 sebelum nomer telpon anda misalnya :022-70727608 menjadi 62-22-70727608 atau nomer HP 081432765889 menjadi62-81432765889

Kelima, pada halaman dimana anda diminta untuk memasukkan data kartu kredit, silahkan abaikan saja dan klik “ Masuk ke rekening saya

Keenam, selesai dan anda dimita untuk mengkonfirmasikan alamat email anda untuk mengaktifkan account paypal anda, kemudian cek email dan login kembali ke Paypal. (untuk mnghindari phising atau cracker jangan pernah logi ke situs paypal dari link tautan di email)

Ketujuh, setelah login anda kembali dimita untuk mengisi dua pertanyaan keamanan untuk menghindari jika suatu saat anda lupa kata sandi (password) masuk  ke Paypal.

Penjelasan lebih lanjut bisa anda baca dalam ebook gratis ini Panduan Paypal

semoga bermanfaat.