Setiap perusahaan/toko/warung  sebaiknya mempunyai data-data mengenai konsumennya. Dengan data yang ada perusahaan dapat mengidentifikasi konsumen terbaiknya dan terus berupaya mempertahanakan loyalitas bahkan komitmennya, sehingga dapat menjadi pelanggan dalam jangka panjang.

Prospek pelanggan terbaik dapat diketahui pada setiap daftar konsumen yang ada di data base perusahaan. Konsumen terbaik antara lain nampak pada beberapa perilaku berikut :

    • Frekuensi dalam melakukan pembelian
    • Jumlah kuantitas banyak
    • Jumlah nominal pembelian
    • Jangka waktu kunjungan pembelian

      Selanjutnya :

      • Berilah bobot penilaian pada masing-masing perilaku konsumen tersebut dan jumlahkan.
      • Berilah ranking mulai dari yang mempunyai nilai tertinggi hingga terendah
      • Adakan komunikasi dengan konsumen terpilih agar terpelihara loyalitas dan komitmennya.

      Tapi ingat, perlakuan yang sdikit istimewa ini bukan berarti kita mengabaikan pelanggan lainnya yang mempunyai itensitas kunjungan sedikit. Disinilah letak seni berdagang, jadi bagaimana kita agar tetap mampu mepertahankan pelanggan yang loyal dengan memberikan serivie-service tambahan, tapi juga kita harus mempunyai kemampuan untuk terus menarik pelanggan – pelanggan baru agar menjadi loyal trhadap kita.
      Semoga tips sederhana ini bermanfaat.

      @ dari berbagai sumber