ubuntu

Ubuntu adalah [sistem operasi] lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Ubuntu merupakan project untuk komunitas, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah sistem operasi beserta dengan paket aplikasinya yang bersifat free dan open source.

Ubuntu  bebas dari lisensi. Para pengguna tidak membayar  perijinan karena Ubuntu mempunyai prinsip untuk selamanya bersifat gratis (free of charge).  Sistem ini merupakan operasi  atau kontribusi dari masyarakat yang dikembangkan yang sempurna. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).

Nama Ubuntu

diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. Ideologi Ubuntu yaitu tentang kesetiaan dan persahabatan (relationship) dengan sesama. Kata untu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa (“oo-Boon-too”) yang berasal dari konsep kuno Afrika, yang melandasi prinsip dari Republik Afrika Utara dan selaras dengan Ide Renaisance di Orang Afrika.

Prinsif dasar Ubuntu

* bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
* bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
* bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jadi bagi anda yang menginginkan sistem operasi yang cepat dan kemungkinan terbebas dari virus, pertimbangkanlah untuk beralih ke sistem ini. Karena Ubuntu untuk versi yang terakhir (Ubuntu 9.04) mempuyai beberapa keuntungan seperti :

1. Bebas dan kebal dari semua virus windows

2. Lebih cepat dari windows, terutama untuk internetan

3. Gratis jadi kita tidak bakal jadi pembajak software

4. Ubuntu 9.04 adalah system operasi linux terbaru sudah mendukung semua teknologi komputer terbaru dan semua yg ada di windows sudah bisa dijalankan di ubuntu 9.04 5.

Download Ubuntu (699 Mb) URL: ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/ubuntu/releases/jaunty/ubuntu-9.04-desktop-i386.iso

Ubuntu should run reasonably well on a computer with the following minimum hardware specification. However, features such as visual effects may not run smoothly.

  • 700 MHz x86 processor
  • 384 MB of system memory (RAM)
  • 8 GB of disk space
  • Graphics card capable of 1024×768 resolution
  • Sound card
  • A network or Internet connection

Note: All 64-bit (x86-64) PCs should be able to run Ubuntu. Use the 64-bit installation CD for a 64-bit-optimised installation.