Pada saat kita membuat blog/website yang baru biasanya tidak langsung terindeks di search engine atau mesin pencari seperti Google, Yahoo, MSN dan lain-lain. Agar nama blog bisa muncul di halaman pencarian seperti Google, Yahoo, MSN dan lain sebagainya. Anda perlu mendaftarkan blog anda di mesin pencari tsb. Meskipun cara ini tidak menjamin blog anda bisa langsung terindeks tetapi dengan cara ini, blog anda bisa lebih  diutamakan
Di internet ada banyak sekali mesin pencari tapi yang paling banyak digunakan adalah Google, Yahoo, dan MSN. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar blog anda ke search engine.

A. Daftar ke Google

1. Kunjungi http://www.google.com/addurl/
2. Kemudian anda akan diminta untuk mengisi data blog anda, seperti ini

URL:   isi dengan alamat blog anda. Contohnya, https://etalaseilmu.wordpress.com/

Comments: Isi keyword atau deskripsi tentang blog anda
Optional: Masukkan tulisan yang tampil pada kotak

3. Jika sudah klik Add URL

B. Daftar ke Yahoo

1. Kunjungi https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit
2. Login dengan yahoo id anda.
3. Klik Submit a Website or Webpage
4. Masukkan alamat blog anda lalu klik Submit URL

C. Daftar ke MSN

1. Kunjungi http://search.live.com/docs/submit.aspx
2. Masukkan tulisan yang tertera pada gambar dan isi alamat blog anda
3. Jika sudah klik Submit URL. Selesai

D. Daftarkan Blob/web anda ke situs layanan pencari search engine

Banyak situs yang menyediakan jasa search engine, namun kebanyakan adalah berbayar, karena ini erat kaitannya dengan layanan bisnis online. Namun bagi pemula yang ingin memperkenalkan blog-nya bisa mendaftarkan secara gratisan melalui :

1. site search engine by freefind

freefind, selain menyediakan layanan berbayar juga menytediakan layanan gratis dengan fitur terbatas  anda cukup mendaftarkan url blog/website anda, dan juga alamat email anda. Prosesnya cukup simple dan cepat.

2.  http://www.submitexpress.com/

submiteexpress.com selain menyediakan layanan search engine gratisan juga menyediakan tool-tools gratisan seperti Tool analisis meta tags, tool pencari keyword, pagerank checker, dll.

3. Search Engine Submission - AddMe

4.  Altavista: http://www.altavista.com/addurl/
5.  DMOZ / ODP: http://www.dmoz.org/add.html
6.  Alexa: http://www.alexa.com/support/get_archive.html

E. Tips lainnya

Nah agar anda tidak menunggu terlalu lama, berikut saya akan membagikan beberapa tips agar blog anda bisa terindeks dalam waktu kurang dari 1 minggu. Meskipun tidak seratus persen menjamin namun cara ini telah saya coba dan rata-rata blog saya terindeks dalam waktu 1-3 hari. Ok ini dia tips-tipsnya.

1. Lakukan Tukar Link dengan Blog yang sudah terindeks oleh Search Engine, atau dengan cara menempelkan link kita pada halaman blog orang lain yang sudah terindeks search engine ke arah website/Blog yang baru. Semakin tinggi posisi halaman blog tersebut dalam search engine (PageRank) berarti semakin cepat webiste baru kita terindeks. ( Teknik OffPage)

2. Optimalkan tittle dan meta pada header Website/Blog. (Teknik OnPage)

Masukan kunci Meta  setiap situs pencari ke Blog anda untuk memverifikasi. Untuk WordPress bisa dilihat Di Dashboard / Perkakas / Webmater Vervications Tools

verivikasi 1

3. Tulislah minimal 1-2 artikel unik di blog anda, semakin sering anda membuat artikel semakin dikenal blog anda oleh search engine, (pelajari tentang anchor text dan ping tautan antar halaman) bahkan berdasarkan pengalaman sy  blog yang dibuat di wordpress lebih cepat terindeks dibandingkan di blogspot, webnode, multiply, dan lainnya.

4. Daftarkan blog anda pada situs pertukaran link seperti Viral link/jaril URL dan situs-situs social Bookmark seperti infogue.com atau lintasberita.com (lokal), technorati, digg.com (luar), dll

daftar social Bookmark lokal dan luar (21 kb)

5. lakukan ping dengan Ping-o-matic. Ping-o-matic adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk memberitahukan kepada search engine untuk mengupdate blog anda. Lakukanlah ping hanya ketika anda memposting artikel baru. Jangan sering menggunakan layanan ini karena bisa dianggap spamming.

sebenarnya teknik memperkenalkan Blog pd search engine sangatlah banyak, namun sebatas untuk memperkenalkan blog kita saya rasa tip diatas cukup untuk mempercepat blog anda terindeks di search engine.

Untuk mengecek apakah blog anda sudah diindeks atau belum. Ketik site:namabloganda.com.

Contoh: site: etalaseilmu.wordpress.com jika muncul alamat blog anda dihalaman pencarian, berarti blog anda sudah terindeks.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat..

@ berbagai sumber