Partisi harddisk, kadang sering kita dengar kata itu, tapi apa sih maksud dari partisi harddsik itu? Secara umum partisi harddisk ialah proses memberi bagian atau memecah ruang harddisk yang tersedia menjadi beberapa bagian. Contoh, jika kita mempunyai harddisk sebesar 40 GB yang belum di partisi, maka jika kita membuka windows explorer maka akan terbaca sebagai Local Disk (C:) namun terkadang kita melihat di komputer lain dengan besar harddisk yang sama tetapi terbaca 2 bagian yaitu Local Disk (C:) dan Local Disk  (D:), inilah yang dimaksud harddisk di partisi menjadi 2 bagian yang besarnya masing-masing bagian itu bisa kita sesuaikan.

Jika mengunakan Windows XP biasanya tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan Partisi (membagi hardisk menjadi beberapa drive) karena banyak softwere yang bisa kita gunakan misalnya yang paling umum dengan  Partition Magic 9.0 karena tools ini bisa melakukan partisi langsung dari windows secara visual.

Tetapi jika mengunakan Windows Vista, Tools Partition Magic ini tidak support dengan Windows Vista (kebetulan saya menggunakan “Partition Magic” versi lama). Untuk mempartisi Hardisk dari Windows Vista caranya cukup dilakukan dengan mengunakan menu yang sudah ada:

1. Klik kanan pada Computer, trus klik Manage


2. Computer Management


3. Klik menu Storage, menu Disk Management.
4. Klik kanan dan tekan Shrink Volume.
5. Kemudian Bagi Hardiks sesuai keinginan kita.
6. Kemudian Format drive yang baru kita tambahkan.