Pagi hari sabtu tanggal 10 oktober 2009, saat itu aku ingin  membuka Blog wordpressku, tp setiap kali log in selalu di tolak, terus aku tanya kesana kemari ngebrowsing keutara dan selatan, tujuannya biar lebih jelas kenapa account WP bisa diblokir. Karena aku masih awam dan penasaran apakah blog ini kena suspend ataukah diblokir ataukah hanya sebatas gangguan engine semata.

Lalu ta email aja admin wordpress, alamatnya ini : WordPress.com <donotreply@wordpress.com>

isinya hanya mempertanyakan kenapa Blogku di suspend atau diblokir atau diganggu, itu saja dan tentu saja dalam bahasa inggris.  Mungkin seperti ini :  “I do not have mistakes, maybe I’m wrong in one post or a link, I apologize, I beg my blog reactivated
https://etalaseilmu.wordpress.com/

Dan alhamdulillah sorenya blog ku sudah bisa di buka kembali, dengan beberapa catatan tertentu.

Ada beberapa alasan kenapa Blog bisa disuspend atau diblokir :

  • karena melanggar TOS (Term of Services (TOS) atau aturan main di WordPress.
  • menulis artikel seputar kegiatan ilegal. Bahkan terlarang. Seperti berkaitan dengan SARA atau Posting gambar Porno, Cewek bugil, telanjang dan sebagainya
  • posting artikel yang kira2 melanggar hak cipta. Misalkan memuat download yang link downloadnya itu amat sangat melanggar ketentuan hak cipta.
  • Mengikuti Kompetisi Traffik (SEO) ?????.
  • Ada pihak yang melaporkan ke admin WordPress tentang Blog kita yang melanggar aturan TOS. Karena secara logika tak akan mungkin fihak wordpress memeriksa satu persatu isi artikel dari semua Blog.
  • Menempelkan link-link Tautan di beranda  ke situs-situs komersil dan ilegal.
  • Blog kita di baca sebagai spam oleh search engine, misalkan kita mengirimkan link blog kita kebeberapa situs secara hampir bersamaan.

Beberapa  alasan diatas semoga  menambah kehati-hatian para blogger pemula seperti saya, atau kalau ingin lebih aman setiap postingan ditulis aja pakai bahasa daerah seperti sunda, jawa, atau madura atau bahasa minang biar fihak admin nga ngerti isi postingan kita. Owya biar lebih aman, sebaiknya kita tidak hanya memiliki satu Blog saja, minimal 2 blog satu di WP dan satu lagi di Blogspot.

Smoga bermanfaat.