Akhir-akhir ini seringkali kita mendengar istilah Anti Oksidan di berbagai media elektronik ataupun Cetak, biasanya istilah ini muncul berbarengan dengan iklan sebuah produk, seperti minuman, supplemen atau bahkan produk makanan anak. Namun kebanyakan orang belum begitu paham apa yang dimaksud Anti oksidan dan pasangannya Radikal Aktif. Yang kita tahu makanan dan minuman yang mengandung Anti Oksidan tentu bagus bagi kesehatan tubuh, namun namanya juga iklan tentu setiap produk dikemas dengan berbagai istilah yang menarik minat calon pembeli.

Dan yang lebih mengherankan lagi ketika seorang ayah memberikan suppplemen bagi anaknya yang katanya mengandung anti oksidan namun si Ayah sendiri memberikannya dalam keadaan mulut menghisap rokok, dimana asapnya secara langsung terserap oleh sang anak. Sungguh ironis, ketika si Ayah mengharapkan anaknya sehat namun  tanpa disadari dia juga menanamkan bibit penyakit pada sang anak. Jadi kita sedikitnya harus mengetahui istlah radikal bebas dan dan juga Anti oksidan.

Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan jenis oksigen berlebih yang memiliki tingkat reaktif yang tinggi dan secara alami ada didalam tubuh sebagai hasil dari reaksi biokimia di dalam tubuh. Radikal bebas ini dihasilkan dari proses metabolisme tubuh dan faktor faktor di luar tubuh seperti asap rokok, hasil penyinaran ultra violet,penguapan alkohol yang berlebihan, zat pemicu radikal dalam makanan makanan pengawet dan polutan lain, seperti asap kendaraan bermotor dan lain sebagainya, bahkan X-rays, dan ozon juga sebagai pemicu adikal bebas.  Penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas bersifat kronis, yaitu dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk penyakit tersebut menjadi nyata. Radikal bebas dapat merusak membran sel serta merusak dan merubah DNA.Contoh penyakit yang sering dihubungkan dengan radikal bebas adalah serangan jantung, kanker, katarak dan menurunnya fungsi ginjal.

Secara teori Radikal bebas didefinisikan sebagai molekul yang kehilangan satu buah elektron dari pasangan elektron bebasnya, atau merupakan hasil pemisahan homolitik suatu ikatan kovalen. Elektron memerlukan pasangan untuk menyeimbangkan nilai spinnya, sehingga molekul radikal menjadi tidak stabil dan mudah sekali bereaksi dengan molekul lain, membentuk radikal baru.

Untuk mencegah atau mengurangi penyakit kronis karena radikal bebas diperlukan ANTI OKSIDAN.

Anti Oksidan

Antioksidan merupakan zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi. Zat anti oksidan adalah substansi yang dapat menetralisir atau menghancurkan radikal bebas. Antioksidan juga sesuai didefinisikan sebagai senyawa- senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit. Antioksidan penting dalam melawan radikal bebas, tetapi dalam kapasitas berlebih menyebabkan kerusakan sel.

Tubuh kita sendiri pada dasarnya bisa menghasilkan Anti Oksidan. Berdasarkan asalnya, antioksidan terdiri atas antioksigen yang berasal dari dalam tubuh (endogen) dan dari luar tubuh (eksogen).Adakalanya sistem antioksidan yang dihasilkan dari dalam tubuh ini (endogen) tidak cukup mampu mengatasi stres oksidatif yang berlebihan. Stres oksidatif merupakan keadaan saat mekanisme antioksidan tidak cukup untuk memecah spesi oksigen reaktif. Oleh karena itu, diperlukan antioksidan dari luar (eksogen) untuk mengatasinya.

Antioksidan alami dapat ditemukan pada sayuran, buah-buahan, dan tumbuhan berkayu.

Berikut adalah beberapa tanaman yang potensial mengandung antioksidan alami dan berada di sekitar kita:

Tanaman Jenis yang Berkhasiat Antioksidan
Sayur-sayuran Brokoli, Kubis, Lobak, Wortel, Tomat, Bayam, Cabe, Buncis, Pare, Leunca, Jagung, Kangkung, Takokak, Mentimun
Buah-buahan Anggur, Alpukat, Jeruk, Kiwi, Semangka, Markisa, Apel, Belimbing, Pepaya, Kelapa
Rempah Jahe, Temulawak, Kunyit, Lengkuas, Temumangga, Temuputih, Kencur, Kapulaga, Bangle, Temugiring, Lada, Cengkeh, Pala, Asam Jawa, Asam Kandis
Tanaman lain Teh, Ubi Jalar, Kedelai, Kentang, Keluwak, Labu Kuning, Pete Cina

Untuk lebih jelasnya tentang radikal bebas dan anti oksidan anda dapat juga membaca artikel-artikel yang dijadikan panduan penulis dibawah ini :

Sumber :

1. Wikipedia tentang radikal bebas

1.Wikipedia  tentang anti oksidan

2. http://www.chem-is-try.org

About these ads